Thursday, May 19, 2016

5 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Susah Move On

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan ikon kota cirebon yang sudah sangat terkenal oleh masyarakat dalam kota atau luar kota. Mengapa dikenal dengan nasi jamblang? Karena nasi ini berasal dari desa di Cirebon bernama desa jamblang. Penyajian nasi jamblang yang tergolong sangat unik, karena nasi seukuran kepalan tangan yang dibungkus dan disajikan terbungkus dengan daun jati merupakan keunikan dari nasi khas Cirebon.
Nasi jamblang yang cukup terkenal di cirebon adalah milik Abdul Rojak lebih terkenal dengan nama lain Mang Dull yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Setiap harinya warung Nasi Jamblang milik Mang Dull cukup ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati kelezatan nasi jamblang khas cirebon. Pengambilan lauk pauk secara prasmanan banyak pilihan menunya seperti: sambal goreng, sayur, tahu-tempe goreng, telur dadar, perkedel, dendeng, rendang, dan macam-macam pepes. Pengunjung bisa menghasbiskan 2 – 5 bungkus nasi jamblang.
2. Empal Gentong
Empal Gentong cukup terkenal di telinga penikmat wisata kuliner cirebon salah satu yang terkenal yaitu milik Mang Darma. Dikenal dengan nama empal gentong karena bahan untuk memasaknya memakai bahan dasar empal atau daging sapi dengan sedikit lemak yang dimasak menggunakan gentong atau kuali besar selama kurang lebih 10 jam.
Mang Darma merintis usaha empal gentong sejak tahun 1948, tak heran jika kelezatan empal gentongnya sudah menyebar kemana-mana. Untuk menunya pengunjung bisa memilih isiannya yaitu daging atau jeroan seperti limpa, paru, hati, usus, dan babat. Jika isianny daging yang dipilih kemudian dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan kuah panas dari gentong, kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Empal Gentong bisa disajikan dengan nasi putih atau lontong sesuai selera anda. Untuk pelengkap menambah nikmat cita rasa empal gentong disediakan kerupuk rambak atau derokdok.
3. Docang
Docang merupakan makanan salah satu masakan khas Cirebon isian dari lontong, daun singkong, tauge serta kelapa parut yang disiram dengan kuah yang dicampur oncom atau dikenal dengan dage, nserta pelengkapnya kerupuk. Bisa dibilang mirip lantog sayur, namun kuah oncom yang panas serta parutan kelapa yang ada di dalam makanan ini memberikan rasa yang boleh dibilang unik. Begitu mencicipi terasa agak aneh tapi enak sekali. Menurut saya ini adalah salah satu makanan yang patut Anda coba jika mengunjungi Cirebon.

4. Mie Koclok
Jika di kota Bandung memiliki makanan kulinernya Mie Kocok, maka di Cirebon punya makanan khasnya yaitu Mie Koclok. Mie Koclok merupakan makanan enak di cirebon yang cukup unik. Mie yang direbus dengan irisan kol dan toge lalu diberi kuah yang berwarna putih kental, serta ditaburi suwiran ayam, bawang daun, bawang goreng, dan sepotong telur rebus. Kuah putih yang kental ini terbuat dari santan kental, kaldu ayam, tepung maizena dan bumbu-bumbu seperti merica dan garam. Untuk menikamati mie koclok ini agak sulit ditemukan di luar kota cirebon. Maka, selagi ana Wisata ke Cirebon jangan lupa untuk menyantap mie koclok saat sedang berada di Cirebon.
5. Sate Kalong
Meski namanya sate kalong, ternyata sate ini tidak menggunakan daging kalong atau kelelawar. Sate kalong sudah berdiri sejak tahun 1930-an, sate terbuat dari daging kerbau. Mengapa daging kerbau menjadi bahan pilihan dari sate kalong merupakan makanan khas Cirebon. Daging kerbau dipilihan karena dahulu kala banyak pemeluk agama Hindu yang tinggal di Cirebon (penganut agama Hindu tidak mengkonsumsi daging sapi).
Cara pengolahan sate kolong yaitu sebelum dibakar daging kerbau dicelupkan pada bumbu berupa rempah-rempah yang dicampur dengan gula sehingga sate kalong memiliki citarasa manis. Sate kalong disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan oncom dan disiram kuah kaldu. Sate kalong ini biasanya baru dijual pada saat magrib hingga tengah malam, persis seperti kalong yang baru keluar pada jam malam hari. Sate kalong biasanya menjadi tujuan wisata kuliner malam di cirebon. Keunikan lain dari kuliner cirebon adalah para penjualnya yang klenengan sapi pada pikulannya.

1 comment:

  1. you all are good patner so keep it until you old.
    About this blog is very good but you have to make it more attractive & creative...
    but one think that make me confused..you are not tell us about your profile one by one so how we know you more? If only i want to go to Cirebon and I need a guide...how do I call you if only i get the information only from this blog???

    ReplyDelete