Tuesday, May 17, 2016

Destinasi Wisata Hits Cirebon dan sekitar

Ada beberapa tempat Wisata  Hitz yang ada di cirebon dan sekitarnya yang sayang sekali untuk dilewatkan ketika anda berada di daerah Cirebon. Beberapa tempat Wisata Hitz itu diantaranya :

1. Telaga Remis
    telaga remis
    Telaga Remis
 Telaga Remis. Sebuah danau indah di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Anda akan kagum dengan keindahan tempat wisata yang sejuk dengan air yang super jernih kehijauan, bahkan dasarnya terlihat sangat jelas. Di sini terdapat remis (kerang air tawar) yang lezat dan mengandung protein tinggi. Pada sisi telaga yang berbatasan dengan hutan, sering dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding yang memikat. Tak heran obyek ini begitu banyak pengunjung yang mencintai alam yang sejuk dan asri untuk mencari ketenangan dan mencari suasana alam yang begitu asri. selain itu obyek ini di cintai kalangan anak-anak muda di Cirebon.



2. Pemandian Cibulan
    kolam renang cibulan
    Pemandian Cibulan
Tempat rekreasi keluarga yang sangat nyaman ini terletak di wilayah Kuningan  atau sekitar 28 km dari pusat kota Cirebon. Wisatawan yang datang dapat berenang di dua kolam yang tersedia dan ditemani ikan Dewa (Kancra Bodas). Sungguh menarik, bukan? Liburan bersama anak-anak sangat tepat dilakukan di sini, dan lihatlah keceriaan mereka bermain bersama ikan yang jinak. Selain kolam rendam, kawasan tempat wisata Cibulan juga dikenal dengan keberadaan 7 sumur keramat (kolam kecil) di sekitarnya. banyak kejadian-kejadian aneh disekitar obyek wisata Cibulan karena pemandian ini merupakan pemandian kerjaan pada zaman dahulu. konon katanya ikan-ikan yang ada di kolam ini ikan kerajaan yang apabila bisa dilihat hanya seekor ikan hidup dengan tulang saja.


3. Gua Sunyaragi.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Gua Senyaragi
    Tempat wisata yang juga dikenal sebagai Taman Sari ini merupakan lokasi bertapa keluarga sultan. Letaknya di jalan by pass Brigjen Dharsono, kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Memang tempat ini tidak terlalu ramai bahkan bisa dikatakan sunyi seperti arti dari namanya. Tetapi bagi warga yang ingin menikmati kesendirian smbil bertapa, sudah pasti Taman Sari Sunyaragi adalah tempat yang cocok.
 







      
4. Keraton Kasepuhan.

keraton utama Cirebon
Keraton Kasepuhan
 Keraton Kasepuhan menjadi tempat wisata di Cirebon yang wajib anda kunjungi, tempat ini sangat terawat dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Cirebon. Keraton ini sangat megah dan paling keren di Cirebon, sangat sayang sekali kalau kita lewatkan. Lokasinya ada di Jl. Jagasatru, Cirebon. Anda bisa menemukan keraton ini dengan mudah.
Pembangunan keraton ini dilakukan sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati). Terdapat museum di dalamnya, berisi aneka benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Dahulu, nama  ini adalah Keraton Pakungwati sebagai bentuk penghormatan kepada Pangeran Mas Mochammad Arifin yang juga bergelar Panembahan Pakungwati I
Di bangunan ini anda akan melihat akulturasi budaya jawa, sunda, China, India, Arab dan Eropa. Keberadaan dua patung macan putih di gerbang keraton melambangkan bahwa Kesultanan Cirebon merupakan penerus Kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan pengaruh agama Hindu pada masa itu. Gerbang yang menyerupai pura di Bali, ukiran daun pintu gapura yang bergaya Eropa, pagar Siti Hingilnya dari keramik Cina, serta tembok bata merah khas Jawa yang mengelilingi keraton merupakan fakta akulturasi tersebut.
 Tempat wisata bersejarah yang lengkap dengan isi museum yang sangat menarik ini merupakan pusat pemerintahan pertama kesultanan Cirebon. Obyek ini sangat bersih dan terawat dan selalu menjadi tempat kunjungan favorite terutama pada tanggal 1 syawal. Karena saat itu, kereta kencana Singa Barong dimandikan (konon merupakan kereta milik sunan Gunung Jati). Jika anda ingin berlibur ke Keraton Kasepuhan, silakan beli tiket masuk secara online karena lebih murah. Harganya hanya Rp. 15.000 per orang.





5. Keraton Kanoman. 
Keraton Kanoman
Keraton Kanoman

 Dulu obyek ini digunakan sebagai tempat kediaman wakil sultan. Lokasinya berada di jalan Winaon, kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon. Di keraton yang berdiri di atas tanah seluas 6 hektar ini, masih tersimpan barang-barang bersejarah, termasuk diantaranya dua kereta kencana yang cukup populer yaitu kereta Paksi Naga Liman dan Jempana. Tiket masuk ke keraton ini lebih murah dari keraton Kasepuhan.







6. Taman Ade Irma Cirebon.

Ade-Irma-Suryani-Waterpark-cirebon
Taman Ade Irma
  Taman ini memiliki tiga macam kolam air yang tak jauh dari pintu masuk waterpark. yaitu waterboom khusus untuk anak-anak, kolam ber-arus untuk anak maupun dewasa dan kolam renang olimpic berkedalaman 1,5 meter bagi dewasa. tak hanya kolamnya saja, Wahana taman bermain darat juga tak kalah ramainya. Taman ini dilengkapi dengan pasir putih layaknya di pantai, ada ayunan serta miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Melalui tangga dan jembatan rintangan, pengunjung juga bisa naik kapal. Saat ini, manajemen Waterpark juga tengah menyiapkan wahana lain, yaitu speedboot, Waterboom untuk dewasa dan wahana ombak air, pengelola saat ini juga berencana melengkapi tempat ini dengan restoran jepang. Di tempat ini juga menyediakan cottege yang saat ini tersedia 18 unit yang siap digunakan untuk tempat istirahat. Bangunan cottage disini mengambil desain arsitektur rumah adat Minang yang beratapkan bentuk limas dan berdiri di atas pantai. Bangunan cottege disini juga berkonsep seperti yang ada di Pulau Seribu atau yang ada di Bali.
cottege-Ade-Irma-Suryani-Waterpark-cirebon
Taman Ade Irma





















7. Apita Waterboom.

  Sarana rekreasi keluarga yang cocok untuk berwisata dengan mengajak anak-anak ini berada di jalan Kedawung (samping hotel Apita), Cirebon. Harga tiket masuk tempat wisata murah ini sebesar Rp.10.000 – rp. 15.000 tergantung usia. Memang kondisinya tidak semodern waterboom New Kuta Green Park yang ada di Bali, tetapi cukup memuaskan sebagai hiburan di kota ini. Dengan harga yang terjangkau ini, maka obyek rekreasi ini menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi terutama saat liburan.
waterboom di cirebon
Apita Waterboom






















8. Pantai Kejawanan.

    Obyek wisata yang ditata apik walau terkesan sederhana ini sering didatangi masyarakat menjelang sore hari. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan Waterland Cirebon, yaitu Ade Irma Suryani. Biasanya pengunjung menyewa perahu karet yang tersedia di wilayah ini dengan tarif Rp. 20.000. Jika anda ingin melepas penat sambil merasakan desiran angin pantai yang lembut menerpa wajah, Pantai Kejawanan adalah salah satu tempat yang direkomendasikan.



9. BUKIT GRONGGONG
Bukit Gronggong
Bukit Gronggong

   Lokasinya berada di tengah jalur antara Cirebon dengan  Kuningan. Tempat wisata romantis bagi kalangan muda ini sering dikunjungi di sore hari menjelang malam demi melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas bukit. Anda hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2000,- saja dan silakan membeli makanan yang tersedia di resto-resto yang tersedia.







10. Situ Sedong.
Waduk Sedong
Situ Sedong

    Berupa danau buatan (waduk) yang cukup indah sebagai lokasi liburan, terutama jika anda hobi memancing dan fotografi panorama. Jaraknya dari pusat kota Cirebon sekitar 26 KM. Sehingga menjelang sore, banyak fotografer yang menanti sunset di sekitar danau ini. Sebenarnya tempat wisata ini tidak terlalu luas. Anda jangan membayangkan Situ Sedong memiliki akomodasi memadai seperti halnya yang ada di situ Cileunca Pangalengan. Obyek ini masih sangat alami dan pihak pemerintah setempat berharap ada investor yang berperan membangun kawasan Situ Sedong ini.



11. Obyek Wisata Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan
 Banyu Panas Palimanan. Sesuai dengan namanya, anda bisa menikmati mandi air panas sampai puas disini. Dengan mandi air panas, maka tubuh kita akan segar kembali, ada banyak manfaat mandi air panas, aliran darah kita menjadi lancar, membunuh kuman dan bakteri. Objek wisata keluarga di Cirebon yang satu ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan, bagi anda yang tertarik untuk mandi disini, lokasinya ada di dalam wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon (Jalan Raya Cirebon – Bandung KM. 20)


12. Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid ini merupakan peninggalan keraton Pakungwati, pada mulanya masjid juga bernama masjid pakungwati. Lokasi masjid ini ada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, persis bersebelahan dengan alun-alun keraton. Nah, inilah salah satu tempat siar islam tersebar, di tempat ini Sunan Gunung Jati menyusun dan bermusyawarah tentang rakyatnya bersama para ulama lainnya. Sunan Gunung Jati menjadi sultan Cirebon yang pertama, dan masjid ini merupakan salah satu saksinya. Pada lokasi mihrab, terdapat tiga buah batu tegel lantai khusus yang dulu dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga. Jika anda ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Masjid ini, untuk Sholat tentunya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah landmark yang menarik di Cirebon, dengan sembilan pintu yang menyimbolkan Wali Songo. Pintu masuk ke bangunan utamanya yang sungguh kecil membuat Anda harus membungkuk untuk masuk, inilah filosofi penghormatan untuk masuk ke rumah Allah. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pasangan dari Masjid Agung di Demak. Di masa ketika pembangunan Masjid Agung Demak dilakukan, Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon.
Alamat lengkap masjid ini berada di Jl. RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan, Cirebon (dalam kompleks Keraton Kasepuhan).


13. Kampung Wisata Belanja Batik Desa Trusmi



Nah ini dia tempat pengrajin dan penjual batik yang terkenal di Cirebon.Konon, Trusmi merupakan nama seorang tokoh, murid dari Sunan Gunung Jati, yaitu Ki Gede Trusmi, yang mengajarkan Islam kepada penduduk sekaligus cara membatik. Anda bisa menemukan aneka motif batik yang keren disini. Produksi batik Cirebonan terdiri dari batik Tulis, batik Cap, dan batik kombinasi tulis cap. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini adalah salah satu yang disukai oleh banyak wisatawan yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga yang lebih murah dan berkualitas.
Lokasinya sangat mudah di jangkau karna letaknya yang dekat dengan jalan pantura yaitu  ada di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon


14. Wahana bermain Waterboom dan Outbond Siwalk


  Anda mau liburan seru di Cirebon? Anda bisa mengunjungi Siwlak. Ada banyak sekali wahana disini, salah satunya ada waterboom Siwaltk. Lokasinya ada Desa Setu Patok, Kec. Mundu, berjark sekitar 8 km dari jalur utama Pantura Mundu. Objek wisata Cirebon yang satu ini berdiri di atas lahan seluas 175 hektar, dikelilingi perbukitan kecil dan hamparan sawah hijau. Pemandangan indah dan alami adalah daya tarik dari taman yang sering dijadikan sebagai salah satu tempat outbond di Cirebon yang disukai.Ada banyak wahana permainan di tempat wisata Cirebon ini, di antaranya ATV, flying fox, zona petualangan, speed boat, pemancingan, hingga kolam renang. Menyew perahu getek untuk menikmati panorama indah di Setu Patok adalah cara lain yang menarik untuk dilakukan di area wisata ini. Tak ayal, destinasi wisata di Cirebon ini sungguh menarik untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon. Jika Anda menyukai olahrga golf, Anda dapat memainkannya di Taman Wisata Siwalk. Untuk dapat masuk kawasan wisata, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Taman Wisata Siwalk sebesar Rp 3 ribu per orang. Nah, ini satu lagi fasilitas yang ada di Siwalk, tempat outbond seru. Jadi, liburan ada akan lebih seru lagi dengan petualangan bersama alam. Anda bisa menikmati banyak wahana permaianan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, anda bisa menikmati permainan lainnya, seperti ATV, flying fox, zona petualangan, speed boat, pemancingan. Sangat rugi sekali kalau anda ke Cirebon tidak ke Siwalk


15. Wisata Danau Setu Patok

  Situ ini masih berada di Siwalk, lokasinya sama di kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Disini anda bisa menikmati banyak fasilitas seperti Pondok Wisata, Golf Driving, Swimming Pool, Waterboom, Tempat Pemancingan, Terapi Ikan, Paintball, Outbond, Flyingfox, Atv Off Road, Family Off Road, Perahu boat, Taman hijau, dan ada Villa untuk penginapannya juga sobat Hiters. Lengkap semua, anda bisa menikmaati liburan seru bersama keluarga atau teman.


16. Wana wisata Ciwaringin Cirebon


Satu lagi tempat wisata alam di Cirebon yang tidak boleh dilewatkan, anawisata Ciwaringin. Lokasinya ada di Desa Ciwaringin. Di kawasan hutan wisata ini banyak terdapat kayu putih. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas memancing bisa memancing di Danau Ciranca. Di tempat ini juga tersedia arena motor cross. Tidak heran bila kawasan Wanawisata Ciwaringin selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kota. Bagi anda yang menginginkan suasana yang asri, pemandangan yang indah serta udara yang sejuk, disinilah tempatnya.



















































sumber : (https://www.wisatania.com/tempat-populer-dan-terbaru-di-cirebon)



























5 comments: